'Diamond Spirit of Life Generation'

Fight Like A Lion , Win Like A Champion . Never repeat the same mistakes and do your best for your future, do not despair . Success in front of you .

Statictic

Kamis, Agustus 18, 2011

Diam Adalah Emas

Diam Adalah Emas



Semua orang tentunya tahu siapa Dr.Socrates , Apalagi bagi mereka yang berstatus sebagai pelajar . Betul , Socrates adalah orang dari bangsa Yunani Kuno dan sangat terpelajar serta intelektual yang terkenal reputasinya karena pengetahuan dan kebijaksanaannya yang tinggi .

Suatu hari Socrates terlibat pembicaraan dengan seorang pria , sebagai berikut ;


Pria           : “Tahukah anda yang baru saja saya dengar mengenai salah seorang teman anda ?”

Socrates     : “Tunggu sebentar , sebelum memberitahukan saya sesuatu , saya ingin anda melewati sebuah ujian kecil . Ujian ini aku beri nama Ujian Saringan Tiga Kali .”

Pria           : “Saringan Tiga Kali ?”

Socrates     : “Betul , Sebelum anda mengatakan kepada saya mengenai teman saya , ada baiknya anda menyaring apa yang akan anda katakana . Ada tiga macam saringan , saringan yang pertama adalah ‘Kebenaran’ . Yakinkah bahwa yang anda katakan adalah suatu kebenaran ? Sudah pastikah anda bahwa apa yang anda akan katakana kepada saya adalah benar ?”

Pria           : “Tidak ! Sesungguhnya saya baru saja mendengarnya dan ingin memberitahukan kepada anda .”

Socrates     : “Baiklah , Sekarang Kita coba saringan yang kedua yaitu ‘Kebaikan’ . Apakah yang akan anda katakan kepada saya mengenai teman saya adalah sesuatu yang baik ?”

Pria           : “Tidak , sebaliknya , mengenai hal buruk !”

Socrates     : “Baiklah ,mungkin anda masih bisa lulus ujian selanjutnya yaitu ‘Kegunaan’ . Apakah anda ingin memberitahukan kepada saya tentang teman saya tersebut akan berguna buat saya ?”

Pria           : “Tidak , sungguh tidak .”

Socrates     : “Berarti yang akan anda beritahukan kepada saya adalah suatu hal yang ‘tidak benar , tidak baik , dan tidak berguna’ bagi saya . Lalu kenapa anda ingin memberitahukannya kepada saya ?



Jadi kita bisa meneladani apa yang di lakukan oleh Socrates , Insyaallah dunia ini akan aman dan tentram . Karena apa yang akan di katakan oleh pria tersebut di jaman sekarang lebih keren dengan istilah gossip . Marilah kita berusaha semaximal mungkin untuk menggunakan saringan tiga kali . Pepatah juga mengatakan ‘Mulutmu Harimaumu’ . Jika kita terlalu banyak bicara , bisa bisa hal yang semestinya tidak terucapkan dapat keluar dengan sendirinya . Pepatah lain mengungkapkan ‘Diam Adalah Emas’ .

Sebuah panah yang telah melesat dari busurnya tidak akan kembali lagi dan bisa saja membunuh jiwa yang tidak bersalah , dan kata kata yang telah terucap bisa saja menyakiti hati orang lain . Jika kita ingin menjadi orang bijak , ikutilah teladan dari Socrates , gunakanlah ‘Saringan Tiga Kali’ sebelum berbicara .


            







0 komentar:

Posting Komentar